Trending

Source Code PHP Metode SAW pada SPK Rekomendasi Jurusan Siswa dengan CI

SPK merupakan akronim dari Sistem Pendukung Keputusan, dalam hal ini SPK dibangun untuk memecahkan masalah yang sifatnya tidak terstruktur. Untuk membantu dalam pengambilan keputusan dalam pemilihan jurusan di SMK. SPK Rekomendasi Pemilihan Jurusan Siswa ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework CI (Codeigniter) dan database MySQL. Untuk pemrosesan kriteria menggunakan metode SAW. Sistem yang mempunyai kriteria kriteria tertentu dalam penilaian kemudian hasil penilain tersebut akan dilakukan perangkingan sehingga diperoleh data pemilihan jurusan yang tepat.

Metode SAW (Simple Additive Weighting) merupakan metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode SAW adalah dengan mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif di semua atribut. Disamping metode SAW memerlukan proses normalisasi matriks keputusan ke suatu skala yang bisa diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang tersedia.

Penerapan metode SAW pada sistem penunjang keputusan rekomendasi pemilihan jurusan siswa berbasis web ini dikembangkan oleh Herdhani. Yang dimana sistem ini terbagi menjadi dua level akses, yaitu admin dan sekolah/guru. Fitur yang dimiliki oleh administrator ialah mengolah semua data yang diperlukan termasuk data pengguna, role, data jurusan dan data kriteria. Sedangkan fitur bagi sekolah/guru ialah mengelola data siswa dan menghitung SAW termasuk nilai siswa, informasi hasil perhitungan rekomendasi pemilihan jurusan dan laporan hasil.

Berikut tampilan antarmuka dari SPK Rekomendasi Pemilihan Jurusan Metode SAW brbasis web.

Source Code PHP Metode SAW pada SPK Rekomendasi Jurusan Siswa dengan CI


SPK SAW Pemilihan Jurusan dengan PHP dan CI

SPK SAW Pemilihan Jurusan dengan PHP dan CI

SPK Metode SAW Pemilihan Jurusan dengan PHP dan CI


Instalasi
Setelah source code berhasil diunduh, kemudian ekstrak. Apabila kamu menggunakan lokal server seperti XAMPP simpan folder spk ke dalam folder htdocs. Langkah berikutnya buat database baru dengan nama spk, kemudian import berkas spk.sql yang ada di folder db ke dalam database spk yang dibuat barusan. Untuk menyesuaikan konfgurasi koneksi database terdapat pada berkas database.php yang berada di direktori application\config.

'hostname' => 'localhost',
'username' => 'root',
'password' => '',
'database' => 'spk',
'dbdriver' => 'mysqli',

Berikutnya buka web browser dan masukkan url localhost/spk/. Untuk dapat masuk kamu bisa menggunakan akun yang tersedia di bawah ini.

Akun Admin
Email : admin@admin.com
Password : admin

Akun Sekolah/Guru
Email : murid@murid.com
Password : murid

Apabila kamu tertarik dengan SPK Rekomendasi Pemilihan Jurusan Siswa dengan Metode SAW ini dan ingin mempelajarinya maupun mengembangkannya kembali, kau dapat mengunduhnya melalui tombol yang tersedia di bawah ini.

Download SPK Rekomendasi Jurusan Metode SAW

Password .rar : blogbugabagi.blogspot.com

Ads




Bingung bagaimana cara mendownload silahkan baca postingan : cara mendownload jika terdapat link yang mati atau file yang corrupt silahkan tulis di kolom komentar atau laporkan pada form kontak klik disini.

Semoga bermanfaat buat temen- temen semua, temen-temen juga boleh untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, Share jika bermanfaat ke temen – temennya. Salam Berbagi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama