Trending

Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan

Setiap tanggal 8 Maret selalu diperingati sebagai hari perempuan internasional, bukan tanpa sebab tanggal tersebut dijadikan hari perempuan internasional. Sejak dari dulu perempuan cenderung dianggap sebelah mata oleh kebanyakan orang, banyak anggapan perempuan tidak harus mempunyai pendidikan yang terlalu tinggi. Belum lagi perempuan sering menjadi korban kekerasan ataupun pelecehan seksual. Untuk memperjuangkan hak-hak perempuan PBB pada tahun 1975 menetapkan tanggal 8 Maret sebagai hari perempuan internasional yang diperingati setiap tahun.

Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan


Berbicara mengenai perempuan yang selalu dianggap dianggap sebelah mata, lantas apa yang harus dilakukan perempuan agar perannya tidak disepelekan orang lain? Pendidikan adalah jawabanya, kamu tidak harus kuat atau pun kaya agar peran kamu sebagai perempuan dianggap. Dengan pendidikan maka kamu akan memiliki pengetahuan yang luas, pengetahuan tersebutlah yang akan membawa peran kamu sebagai perempuan menjadi lebih kuat.

Pemikiran terhadap pentingnya memperoleh pendidikan bagi kaum perempuan juga dilayangkan oleh tokoh pahlawan Indonesia yaitu R.A. Kartini. Dalam surat-surat yang berisi pemikirannya bahwa perempuan juga memerlukan pendidikan dalam upaya mewujudkan kesetaraan hak-hak perempuan dalam mendapatkan pendidikan. Oleh karena itu, langkah berikutnya adalah kesadaran pada diri kita sebagai perempuan untuk terus berjuang memperluas pengetahuan.

“Kita harus membuat sejarah, kita mesti menentukan masa depan yang sesuai dengan keperluan sebagai kaum perempuan harus mendapat pendidikan yang cukup seperti kaum laki-laki” (R.A. Kartini)

Pendidikan merupakan salah satu kunci yang dapat menguatkan peranan perempuan. Namun pada kenyataanya masih ada juga orang tua yang menyepelekan pendidikan bagi anak perempuannya. Bagaimana tidak, mungkin kamu juga pernah mendengar “buat apa kamu sekolah tinggi-tinggi, ngabisin biaya aja, ujung-ujungnya paling balik ke dapur sama ngurus anak”. Perkataan tersebut salah besar, kenapa? Karena pada dasarnya perempuan adalah orang yang paling berpengaruh untuk membangun generasi berikutnya, dalam berkeluarga perempuan juga dituntut untuk bisa dalam segala hal.

Pentingnya Kesadaran Pendidikan Bagi Perempuan dan Orang Tua

Kesadaran terhadap pentingnya pendidikan bagi perempuan masih tergolong rendah, terutama di daerah pedesaan. Terkadang kesadaran akan pentingnya pendidikan tersebut malah terjadi pada perempuan itu sendiri. Ini disebabkan karena perspektif umum yang terbentuk sejak dulu terutama orang tua yang tidak mementingkan pendidikan bagi anak perempuannya. Oleh sebab itu, marilah bersama-sama membangun pandangan bahwa perempuan mempunyai hak-hak yang sama seperti halnya para laki-laki.

Bagi para orang tua janganlah beranggapan bahwa perempuan tidak harus mengenyam pendidikan yang tinggi. Sekolah kan dia dan beri pendidikan yang layak karena perempuan memiliki peranan yang sangat penting dalam hal pendidikan. Pendidikan disini  tidak hanya pendidikan formal seperti biasanya, bisa juga pendidikan lain seperti kursus yang akan mengembangkan potensi yang dimiliki anak.

Sebagai orang tua selain memberikan pendidikan formal kepada anak perempuannya, kamu bisa juga memberikan dia pendidikan kursus. Salah satu pendidikan kursus yang disarankan adalah EduCenter, karena bertempat di suatu gedung yang dimana terdapat lebih dari 20 lembaga kursus atau pendidikan. Sehingga bagi kamu sebagai orang tua bisa memberikan kursus bagi anak-anak dalam satu tempat yang sama.

Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan


Dengan memiliki latar belakang pendidikan, perempuan akan didengarkan cara berpikirnya oleh orang lain, dengan begitu peran dia sebagai perempuan sudah mulai dianggap. Selain itu memberikan pendidikan yang layak bagi perempuan bukan untuk melalaikan tanggung jawabnya sebagai perempuan atau menyaingi kaum laki-laki, namun pendidikan akan membuat perempuan mampu membangun generasi yang handal serta pola memperluas pola pikirnya dalam berpikir kreatif, dapat membantu kehidupan menjadi lebih baik dan menjadi pribadi yang lebih baik.

 “Terkadang sebagai perempuan pendapat dan cara berpikirnya tidak didengarkan dengan baik dan melalui pendidikan yang baik tersebut lah dia bisa mengubah sudut pandang orang lain akan hal tersebut." (Michelle Obama)

Bisa dikatakan pendidikan pertama yang diperoleh oleh anak adalah dari seorang ibu. Seorang ibu mempunyai peran yang besar untuk mengembangkan potensi dan karakter anak. Ibu yang berpendidikan akan mampu mengajarkan kepada anak-anaknya hal-hal yang positif dan mampu bertukar pemikiran bersama pasanganya untuk mencapai suatu tujuan yang baik. Sosok ibu yang berpendidikan juga bisa menjadi penggerak roda kemajuan suatu bangsa dan negara, karena dari sanalah generasi penerus bangsa dibentuk dan dididik.

Diharapkan dengan adanya artikel ini, kedepannya bisa merubah mindset umum bahwa perempuan memiliki hak-hak yang sama dengan kaum laki-laki terutama bagi para perempuan dan sadar akan pentingnya pendidikan untuk memperkuat peranannya dalam lingkungan sosial.

Kaum perempuan memang memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Kaum perempuan seharusnya tidak boleh bosan dan tidak boleh menyerah untuk terus memperjuangkan hak-hak seorang perempuan terutama dalam hal pendidikan.

Artikel ini didukung oleh EduCenter, salah satu pusat edukasi pertama dan terbesar di Indonesia dengan lebih dari 20 institusi pendidikan ternama.

#educenterid

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama