Trending

Sinergikan Marketplace dengan Memiliki Website Sendiri

Di tengah perkembangan teknologi internet yang semakin maju dan didukung perangkat smartphone yang semakin canggih jualan online atau belanja online semakin banyak digemari orang-orang. Dari mulai produk-produk elektronik, fashion, gadget bahkan sampai kebutuhan pokok sehari-sehari sudah dapat kamu temukan dengan mudahnya di internet. Seiring waktu pertumbuhan marketplace di Indonesia sendiri semakin menjamur dan sudah banyak orang yang menggunakan marketplace sebagai media belanja atau berjualan produk mereka.

Beberapa marketplace yang cukup populer di Indonesia seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Lazada dan marketplace lain banyak membantu dalam mempermudah pembeli untuk menemukan produk yang akan ia beli, begitupun bagi penjual bisa mempermudah untuk menemukan sasaran pelanggan atau pembeli produk mereka. Bahkan tak jarang penjual yang menjual produk atau barangnya melalui berbagai marketplace sekaligus. Hal ini mungkin dimaksudkan agar dapat menjamah lebih banyak pembeli lagi tentunya.

Tak sampai disitu, penjual juga terkadang membuat akun Facebook dan akun Instagram untuk menjamah pembeli di platform sosial media yang diarahkan ke marketplace untuk melakukan pembelian. Ada berbagai cara yang bisa dimaksimalkan oleh para penjual supaya produk atau barang yang ia jual bisa dengan cepat terjamah oleh pembeli. Akan tetapi sebagian kalangan melupakan satu hal yang cukup penting untuk memaksimalkan hasil penjualan, apakah itu?  Website. Ya, website pribadi sering diabaikan oleh sebagian penjual online padahal website juga memiliki peran penting untuk meningkatkan intesitas penjualan.

Sinergikan Marketplace dengan Adanya Website Sendiri


Sebagian orang mungkin beranggapan dengan membuat website untuk toko atau produk yang ada di marketplace akan merogoh kocek dalam-dalam. Padahal nyatanya tidak, ada hosting murah dan domain murah yang bisa kamu sewa dengan kualitas dan pelayanan yang sangat baik. Jika kamu masih bingung untuk memutuskan akan membuat website sendiri atau tidak, coba simak beberapa alasan kenapa kamu harus memiliki website sendiri.

Kenapa Mesti Memiliki Website Sendiri Bagi Penjual Online


Memiliki website sendiri bagi kamu yang sedang berjualan suatu produk atau barang di marketplace banyak menghadirkan manfaat bagi keberlangsungan usaha kamu. Lalu apa saja yang menjadi alasan kamu harus memiliki website sendiri, berikut beberapa alasannya.

1. No Worries Akan Ancaman Penangguhan Akun

No Worries


Ketika kamu menggunakan layanan marketplace untuk menjual produk atau barang maka kamu akan terikat dengan beberapa ketentuan dari pihak marketplace. Hal ini seperti halnya kamu menyewa sebuah mobil yang terikat dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Sama halnya dengan marketplace ketika kamu melanggar ketentuan tentunya akun marketplace yang kamu punya memiliki ancaman berupa penangguhan akun atau bahkan lebih parah hingga di banned atau di blacklist.

Apalagi bagi akun marketplace kamu yang sudah berkembang tentunya kamu tidak ingin kehilangan dari pembeli-pembeli setia kamu bukan? Oleh sebab itu memiliki website sendiri untuk memasarkan produk atau barang kamu sangat perlu dilakukan. Seperti halnya yang dilakukan oleh brand-brand atau toko-toko yang sudah pesar, pastinya mereka sudah memiliki website sendiri agar terhindar dan meminimalisir resiko yang ada.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pembeli

Kepercayaan


Salah satu faktor pembeli saat berbelanja di marketplace adalah toko atau akun yang menjual produk tersebut selain memiliki ulasan yang positif dan juga memiliki informasi kontak toko yang mendukung. Dengan adanya website pembeli tentunya akan lebih percaya kepada toko kamu karena terlihat dari keseriusan kamu dalam berjualan dengan menyediakan informasi-informasi lain yang mendukung toko kamu.

3. Meningkatkan Kekuatan Brand

Kekuatan


Apalagi bagi kamu yang sudah menjual produk kamu sendiri, supaya brand yang kamu gunakan dapat dipercaya pembeli tentunya harus memiliki badan atau informasi-informasi pendukung lainnya. Salah satunya adalah dengan membuat website brand itu sendiri. Berkat website tersebutlah bisnis online atau brand kamu bisa direpresentasikan dengan lebih profesional.

Jadi, apa keputusanmu akankah kamu menggunakan website untuk menjadi sinergi dari marketplace yang kamu punya? Untuk membuat website untuk kepentingan bisnis yang menyediakan informasi-informasi yang berkaitan dengan produk atau barang yang kamu jua di marketplace saat ini sangat mudah untuk dilakukan, bahkan bagi orang yang tidak berkecimpung di dunia pemrograman bisa dengan mudah untuk membuat website.

Kamu tidak perlu mengeluarkan aggaran yang banyak untuk membuat website. Untuk website kamu bisa menggunakan fasilitas build website dengan hanya klik, drag and drop saja website sudah bisa kamu bangun, atau kamu juga bisa menggunakan layanan Wordpress untuk dijadikan CMS pada website kamu. Kamu hanya perlu menyewa hosting dan domain saja maka website yang kamu bangun sudah dapat diakses oleh semua orang di penjuru dunia.

Kamu tidak perlu khawatir akan anggaran yang kamu keluarkan karena kamu bisa menggunakan layanan hosting dan domain dari Rumah Web dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan dengan anggaran ratusan ribu pertahun kamu sudah bisa merasakan kenyamanan dan manfaat dari sinergi antara marketplace dan website tersebut. Jika bisa dimaksimalkan, kenapa tidak.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama