Trending

Source Code PHP Sistem Pendukung Keputusan Metode Electre Sederhana

Sistem pendukung keputusan atau biasa disingkat SPK adalah sebuah sistem yang memiliki kemampuan untuk memberikan pemecahan masalah dari masalah semi terstruktur atau terstruktur dengan memberikan informasi berupa rekomendasi atau alternatif pemecahan masalah. Sistem pendukung keputusan berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL dengan menggunakan metode Electre. SPK ini cukup sederhana dengan kasus pengambilan keputusan pemilihan apartemen dengan beberapa kriteria.

Metode Electre adalah metode yang efektif untuk penerapan pada MADM karena memiliki fitur kualitatif dan kuantitatif serta dapat menangani hubungan outranking dengan menggunakan perbandingan berpasangan antara alternatif dengan kriteria secara terpisah.

Sistem pendukung keputusan berbasis web dengan menggunakan metode Electre ini dikembangan oleh Hernanda Candra P. Dimana SPK ini terbilang sederhana, namun bagi kamu yang ingin mempelajari alur kerja dari metode Electre ini bisa dijadikan referensi untuk dikembangkan kembali. SPK ini sebatas memproses dan menampilkan hasil dari pemrosesan. Sedangkan datanya belum bisa dimanipulasi langsung, jadi kamu perlu memanipuasinya melalui database.

Berikut interface dari SPK metode Electre berbasis web :

Sistem Pendukung Keputusan Metode Electre Sederhana

SPKMetode Electre Sederhana


Instalasi
Setelah source code berhasil diunduh, kemudian ekstrak. Apabila kamu menggunakan local server XAMPP simpan folder electre ke dalam folder htdocs, usahakan nama folder tetap electre jika tidak kamu perlu mengkostumisasi lagi kode program yang ada di index.php. Berikutnya buat database baru dengan nama electre, kemudian import file electre.sql ke dalam database yang barusan kamu buat. Untuk menyesuaikan konfigurasi koneksi database terdapat pada file koneksi.php.

$db_host = "localhost";
$db_user = "root";
$db_password = "";
$db_nama = "electre";
$koneksi = mysqli_connect($db_host, $db_user, $db_password) or die ("gagal konek");

Sesuaikan konfigurasi dengan setelan yang kamu gunakan. Setelah itu silahkan buka web browser dan masukan url localhost/electre.

Apabila kamu tertarik dengan sistem pendukun keputusan metode Electre ini dan ingin mempelajarinya maupun mengembangkannya kembali. Silahkan kamu unduh melalui tombol yang tersedia di bawah ini secara gratis.

Download SPK Metode Electre Berbasis Web

Password .rar : blogbugabagi.blogspot.com

Ads
Unduh Via Mediafire

Unduh Via Google Drive


Bingung bagaimana cara mendownload? Silahkan baca postingan : cara mendownload jika terdapat link yang mati atau file yang corrupt silahkan tulis di kolom komentar atau laporkan pada form kontak klik disini.

Lihat juga source code SPK penentuan status bintang hotel dengan metode Electre, dengan mengklik tautan tersebut.

Semoga bermanfaat buat temen- temen semua, temen -temen juga boleh untuk mengembangkan sehingga menjadi lebih baik lagi. Dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, Share jika bermanfaat ke temen – temennya. Salam Berbagi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama