Trending

5 Cara Mengatasi Rasa Malas Ketika Ngoding

Rasa malas merupakan sesuatu hal yang sering datang kepada setiap orang. Siapapun tentunya pernah mengalami rasa malas seperti kehilangan keinginan atau kemauan untuk ngoding misalnya. Rasa malas ketika ngoding ini merupakan hal yang wajar dan  hal yang lumrah dialami setiap orang. Akan tetapi rasa malas ini jangan dibiarkan begitu saja tinggal pada diri kita, karena bisa menghambat pekerjaan dan juga bisa merugikan diri kita.

Mulailah sejak rasa malas itu tumbuh untuk segera mengatasi rasa malas tersebut, karena jika dibiarkan terus-menerus rasa malas akan semakin menjadi-jadi dan terus tumbuh sehingga memperparah kemalasan dan sukar untuk dihilangkan. Oleh sebab itu, segera simak 5 cara mengatasi rasa malas ketika ngoding berikut ini.

1. Membuat To Do List


to do list ngoding


Rasa malas ketika ngoding sering kali tumbuh disebabkan karena kamu bingung mau melakukan apa. Oleh karena itu cobalah untuk membuat to do list atau daftar hal yang harus dikerjakan berikut target yang ingin kamu capai. To do list ini akan memudahkan kamu untuk mengatasi rasa malas ketika ngoding. Hal ini dikarenakan kamu sudah mempunyai apa yang harus dilakukan hari ini, besok beserta target yang akan diraih. Kamu wajib untuk mematuhi to do list yang telah kamu buat dengan tidak menunda-nunda untuk muai ngoding dan selalu menyegerakan pekerjaan. Disamping itu dengan adanya to do list juga akan memperkecil resiko pekerjaan yang terlewat dan memastikan pekerjaanmu selesai sesuai dengan yang diharapkan atau direncanakan.

2. Melakukan Pekerjaan yang Mudah Terlebih Dahulu


Pekerjaan coding


Sering kali rasa malas muncul ketika ngoding yang disebabkan oleh pekerjaan tersebut yang terlalu sulit atau susah. Oleh sebab itu ketika kamu ngoding cobalah untuk mengerjakan komponen program yang mudah terlebih dahulu sebelum ke komponen program yang lebih kompleks. Disamping untuk mencegah kemalasan timbul, mengerjakan kodingan yang simpel terlebih dahulu juga akan membantu kamu dalam menyelesaikan komponen program yang kompleks, karena komponen telah kamu pecah menjadi beberapa bagian.

3. Menikmati Musik


Music coding


Cara mengatasi rasa malas ketika ngoding dengan mendengarkan musik cukup ampuh untuk mengembalikan semangat dan mood, karena kadang kala rasa malas ketika ngoding datang dari kejenuhan. Cara ini bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa malas, cobalah dengarkan musik yang bisa membangkitkan gairah dan semangat kemudian nikmati lantunan musik tersebut. Kamu bisa sambil joged-joged atau sekedar menggelengkan kepala mengikuti alunan musik.


4. Olahraga yang Cukup


olahraga lari


Rasa malas sering membuat kita nyaman untuk tidak melakukan apapun, dan rebahan adalah hal yang ingin dilakukan. Cobalah untuk memperbanyak gerak dengan melakukan apapun dan berolahraga yang cukup, dari memperbanyak gerak ini bisa memunculkan gairah semangat untuk bangun kembali dan menghilangkan kemalasan dibandingkan hanya berdiam diri di zona nyaman kemalasan. Berolahraga yang cukup bisa menjaga stamina dan membangkitkan semangat. Dari olahraga yang cukup ini kamu akan terbiasa untuk melakukan aktivitas sehingga gairah untuk mulai ngoding pun timbul kembali.


5. Selalu Memperhatikan Resiko


resiko pekerjaan ngoding


Saat kamu ngoding tentunya kamu memiliki tujuan tertentu, entah itu bertujuan dari tugas kampus, kantor dan lain sebagainya. Setiap orang pastinya mempunyai tujuan yang berbeda-beda dan resikonya pun berbeda-beda. Perhatikanlah tujuan awal kamu ketika mulai ngoding dan apa resikonya apabila gagal atau tidak berhasil menyelesaikannya, di pecat atau mendapat nilai E.
Ada berbagai resiko yang perlu kamu perhatikan, baik itu resiko kegagalan, resiko kesehatan, resiko hal-hal yang tak terduga lainnya. Oleh sebab itu alangkah lebih baik jika kamu selalu menyegerakan suatu pekerjaan dibanding bermalas-malasan. Karena kita tahu kedepannya akan seperti apa dan bagaimana kondisi kamu kedepannya dan hal-hal yang tak terduga apa saja yang bisa menghambat pekerjaan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama