Trending

Jago Programming dengan Belajar dari 7 Channel Youtube Asal Indonesia

Youtube sekarang ini menjadi salah satu layanan penyedia video yang populer. Youtube ini menyediakan berbagai video yang dihasilkan dari para content creator. Ada banyak video mulai dari musik, prank yang bisa kamu gunakan untuk hiburan. Kamu juga bisa belajar sesuatu dari Youtube, ada banyak video-video yang dibuat oleh content creator ini untuk tujuan belajar. Di era seperti sekarang ini tak ada alasan bagi kamu untuk malas belajar, karena segala materi pelajaran bisa kamu cari dan dapatkan dengan mudah.

Jika kamu tertarik belajar coding atau pemrograman, kamu bisa belajar melalui Youtube. Selain gratis, belajar melalui Youtube juga tak kalah dari belajar secara formal karena banyak para content creator yang berpengalaman mengajarkan kembali materi yang dikuasainya. Daripada kamu kebanyakan mantengin channel Youtube yang tidak terlalu bermanfaat, kenapa tidak belajar sehingga materi yang dipelajari bisa bermanfaat buat kamu.

Tidak sedikit, orang-orang yang belajar melalui Youtube kemampuannya bisa melebihi dari orang-orang yang belajar secara formal. Kunci pentingnya adalah niat dan keseriusan kamu saat belajar pemrograman. Berikut ini 7 daftar channel Youtube asal Indonesia yang menyediakan video belajar pemrograman.

1. Web Programming UNPAS

Web Programming UNPAS

Channel Youtube pertama asal Indonesia yang menyediakan konten belajar pemrograman adalah Web Programming UNPAS. Channel ini dikelola Sandika Galih, salah satu dosen Teknik Informatika di UNPAS. Pada channel ini kamu bisa belajar mengenai pemrograman web dari dasar hingga ke level yang lebih tinggi. Penjelasannya pun cukup mudah dimengerti belum lagi ada banyak playlist dan tutorialnya.

Jika kamu ingin belajar mengenai pemrograman web silahkan di subscribe terlebih dahulu, supaya tidak ketinggalan video terbarunya. Di channel kamu bisa belajar HTML, CSS, Bahasa PHP, Javascript dan lain-lain. Tak kalah menarik web programming UNPAS juga membahas mengenai berbagai framework, tools, dan tips pemrograman.

2. Kelas Terbuka

Kelas Terbuka

Channel Youtube berikutnya adalah Kelas Terbuka, channel ini dikelola oleh Faqihza Mukhlis atau Pukis. jika kamu pernah belajar melalui Kelas Terbuka Faqihza Mukhlis ini dikenal juga dengan sebutan Pukis. Pada channel ini kamu bisa belajar mengenai pemrograman untuk komputasi data atau pengolahan data. Jika kamu tertarik dengan teknik komputasi aku sarankan kamu belajar di channel Kelas Terbuka.

Kelas Terbuka menyediakan berbagai materi pemrograman dari mulai belajar bahasa Python, Java, C++ sampai bahasa Matlab. Jika kamu tertarik silahkan kamu subscribe channel Kelas Terbuka ini.

3. Sekolah Koding

Sekolah Koding

Channel Youtube selanjutnya yang tak kalah menarik untuk belajar pemrograman adalah channel Sekolah Koding. Kamu dapat belajar banyak hal di channel ini dari mulai belajar pemrograman PHP, Python, Kotlin, Javascript, Go, HTML dan CSS. Tidak hanya itu di channel ini juga menyediakan berbagai video yang membahas berbagai framework dan tools pemrograman seperti Vue, React, Codeigniter dan lain sebagainya.

4. Kawan Koding

Kawan Koding

Salah satu channel yang menyediakan konten belajar pemrograman adalah Kawan Koding. Pada channel ini kamu bisa belajar mengenai pemrograman web dengan menggunakan PHP atau Javascript. Kamu juga bisa belajar mengenai berbagai framework seperti Vue Js maupun Laravel yang diterapkan pada website.

5. Angga Risky

Angga Risky

Jika kamu tertarik dengan belajar membuat design user interface sebah aplikasi web atau mobile, kamu bisa belajar melalui channel Angga Risky ini. Tidak hanya desain antarmuka di channel ini juga membahas pemrograman web dan mobile. Disini kamu bisa belajar mengenai pemrograman android dengan android studio dan desain interface dengan adobe XD. Walaupun channel ini dikelola oleh orang Indonesia, namun channel menyediakan video pembelajaran dalam bahasa Inggris.

6. Lemau Dev

Lemau Dev

Pada Channel Lemau Dev ini kamu bisa belajar mengenai pemrograman mobile dan game. Jika kamu tertarik untuk belajar membuat game, kamu bisa belajar dari channel ini. Di channel ada banyak video pembelajaran untuk membuat game mulai dari menggunakan construct dan juga unity. Silahkan kamu subscribe terlebh dahulu jika kamu tertarik dengan pemrograman game android atau mobile ini.

7. Framework Indonesia

Framework Indonesia

Chanel terakhir yang akan kita sebutkan adalah channel Youtube Framework Indonesia. Pada channel ini kamu bisa belajar pemrograman web dengan menggunakan Codeigniter, Bootstrap dan juga Jquery. Yang tak kalah menarik dari channel satu ini adalah terdapat berbagai video tutorial untuk membuat web seperti membuat web toko online, rental mobil maupun sistem informasi akademik.

Berikut daftar 7 channel Youtube asal Indonesia yang bisa membuat kamu jago programming, tentunya dengan niat dan keseriusan kamu saat belajar. Urutan channel tersebut tidak merujuk pada rangking yang terbaik melainkan hanya daftar biasa. Kamu bisa memilih channel Youtube mana yang sesuai dengan bidang programming apa yang ingin kamu pelajari. Selamat belajar!.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama